Jagakarsa adalah sebuah kawasan di Jakarta Selatan sangjurnalis.my.id yang dekat dengan beberapa fasilitas umum di ibukota Jakarta. Tidak heran jika banyak sekali orang yang hendak menyewa rumah di daerah ini karena aksesnya yang mudah. Ada banyak sekali kontrakan Jagakarsa yang bisa dilihat-lihat.

Pertanyaannya, apakah rumah itu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda? Apakah rumah tersebut sudah sesuai dengan budget sewa Anda setiap bulannya? Ada banyak sekali lho pertimbangan yang harus dilakukan jika hendak memilih rumah kontrakan, apa saja itu?

Tips untuk Memilih Rumah Kontrakan di Kawasan Jagakarsa

Menyewa rumah adalah langkah yang mengasyikkan. Baik Anda ingin berhemat atau pindah ke area baru, menyewa memberi banyak fleksibilitas dan kemandirian.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mulai mencari rumah untuk disewa di Jagakarsa. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih rumah kontrakan yang sesuai di kawasan Jagakarsa :

1. Tulis Fasilitas Apa yang Penting dan Dibutuhkan

Cobalah untuk membuat daftar hal-hal yang Anda butuhkan dari rumah baru yang akan Anda sewa, seperti :

–       Apakah ada dapurnya?

–       Apakah ada akses ruang untuk parkir?

–       Berapa banyak kamar tidur yang Anda butuhkan?

–       Apakah Anda membawa furnitur?

Setelah mencantumkan hal-hal penting, prioritaskan apa lagi yang Anda cari ketika memilih list rumah sewa di Jagakarsa. Faktor lain seperti ruang penyimpanan, apakah ada akses ke halte jurnalismuda.my.id umum dan koneksi broadband lokal juga penting.

Setelah Anda memiliki daftar, maka cobalah cari melalui online untuk temukan rumah sewa yang terbaik menurut Anda.

2. Beli Properti Sewa di Lokasi Terbaik

Jagakarsa adalah kecamatan yang luas. Setidaknya ada 6 kelurahan di kecamatan ini dan masing-masing memiliki area yang sama luasnya. Nah, faktor terpenting untuk memilih kontrakan rumah adalah pertimbangkan lokasi dengan serius. Setidaknya, Anda harus melakukan beberapa survei seperti :

–       Cari tahu berapa tingkat kejahatan di lokasi tersebut.

–       Apakah ada sekolah yang dekat dan bagaimana reputasinya?

–       Seberapa jauh fasilitas umum seperti taman, supermarket, pusat transportasi, dan restoran?

–       Seberapa baik pasar properti sewaan di lokasi itu? Berapa harga sewa dan harga belinya?

–       Bagaimana perkembangan ekonomi daerah tersebut?

–       Bagaimana tingkat perkembangan di kawasan tersebut? Jika areanya berkembang maka harga sewa mungkin akan meningkat di tahun berikutnya.

3. Tanya Pada Orang Sekitar

Jika Anda sudah punya list rumah yang hendak disurvey secara langsung, cobalah untuk bertanya pada penduduk sekitar mengenai kondisi rumah atau karakter pemilik rumah.

Ketika Anda mengenal orang di rumah yang hendak disewa atau calon tetangga Anda, mereka akan lebih mungkin mengemukakan masalah tentang kondisi lingkungan rumah tersebut seperti terlalu banyak kebisingan atau sifat pemilik rumah yang sangat peduli dengan kebersihan rumah yang disewakan.

4. Perhatikan Tingkat Kebisingan

Kalau Anda sudah mempunyai beberapa daftar rumah yang hendak disewa di Jagakarsa, cobalah untuk satu kali saja datang ke daerah tersebut saat malam hari.

Nah, saat malam hari ketika orang-orang pulang kerja, amati suasana dan lingkungannya, apakah sangat bising atau justru tenang. Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang suara yang mungkin Anda dengar dan suasana bangunan secara umum.

Anda pasti tidak mau bukan pulang kerja tidak bisa langsung istirahat karena suasana bising dari lingkungan sekitar?

5. Keamanan Lingkungan

Cobalah untuk melakukan pengamatan tentang bagaimana keamanan di lingkungan yang Anda kehendaki. Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan kepada pemilik tentang keamanan lingkungan t dan rumah yang Anda sewa.

Jika keamanan lingkungan dikatakan terjamin, amati seberapa baik tingkat keamanan yang disampaikan. Usahakan Anda jurnalisku.my.id mencari rumah kontrakan dengan lingkungan yang dijaga oleh satpam atau minimal setiap malamnya ada warga yang melakukan ronda.

6. Pilihlah Rumah Dengan Fasilitas yang Anda Butuhkan

Tips selanjutnya untuk menemukan kontrakan Jagakarsa terbaik adalah sewa rumah sesuai dengan kebutuhan. Mungkin ada banyak rumah di Jagakarsa yang sangat menggoda dengan daya tarik estetikanya, padahal fasilitas yang dimiliki rumah tersebut biasa-biasa saja.

Nah, pastikan Anda menghindari godaan rumah yang tampaknya menarik namun fasilitasnya tidak memadai atau fasilitasnya banyak, namun ada beberapa yang tidak Anda butuhkan.

Misal, rumah tersebut menyediakan area parkir yang luas sementara Anda tidak memiliki mobil, jadi mengapa harus Anda pertimbangkan? Jika ingin hidup nyaman dengan sewa rumah yang murah, maka carilah rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Lakukan Negosiasi

Cobalah untuk melakukan beberapa negosiasi terkait harga sewa jika tarifnya melebihi anggaran yang Anda tetapkan. Tanyakan kepada pemilik apakah ada kemungkinan untuk merundingkan harga sewa dan bagaimana kesepakatan harga akhir jika Anda memberikan jumlah DP yang besar di awal sewa.

8. Pastikan Ada Perjanjian Sewa

Saat Anda menyewa rumah kontrakan, pastikan ada perjanjian sewa yang berlaku. Luangkan waktu untuk membaca detail perjanjian dengan seksama sebelum menandatanganinya.

 Membaca detail perjanjian ini akan membantu Anda menghindari segala jenis pelanggaran hak di masa mendatang. Jika ada poin yang tidak jelas atau ambigu, pastikan Anda meminta pemilik untuk menjelaskannya sebelum menandatangani dokumen.

Jika Anda lalai membaca syarat dan ketentuan, Anda bisa  saja membayar lebih dari yang Anda tawar atau tidak mendapatkan hak Anda.

Hampir semua bisnis sewa properti memiliki hukum yang harusnya tertuang dalam surat perjanjian antara pemilik dan penyewa. Mengetahui isi dari surat perjanjian  sangat bermanfaat karena Anda bisa mempelajari tentang hak dan kewajiban sebagai penyewa.

Hukum juga akan mencegah Anda ditipu oleh pemilik rumah. Jadi, pastikan Anda teliti dalam mencari kontrakan Jagakarsa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Carilah situs sewa rumah yang terpercaya agar Anda tidak banyak ditipu..

By zuzum