Tips Memanfaatkan Pembiayaan Haji Syariah Untuk Naik Haji

Berangkat naik haji merupakan impian semua umat muslim dan muslimah. Namun seperti diketahui, naik haji adalah salah satu kewajiban umat muslim yang mampu untuk melaksanakannya. Karena bisa dibilang naik haji membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan biaya tersebut tentu saja akan terus naik dari tahun ke tahun. Kini tidak perlu khawatir, karena Anda bisa memanfaatkan pembiayaan haji syariah untuk bisa naik haji segera.

 

Adapun pembiayaan haji ini biasanya dilakukan oleh bank menjadi produk perbankan syariah yang bisa membantu Anda untuk mewujudkan impian menunaikan ibadah haji.

 

Tips Memulai Menabung Dengan Pembiayaan Haji Syariah

Untuk  Anda yang ingin memanfaatkan pembiayaan haji syariah untuk menunaikan ibadah haji, berikut beberapa tips dalam memulai menabung dengan tabungan haji syariah.

  • Yang pertama harus Anda lakukan adalah menjadikan niat beribadah sebagai sebuah motivasi untuk melakukan tabungan haji. Dengan cara ini, Anda memiliki motivasi yang kuat untuk menabung supaya tabungan haji bisa cepat tercapai. Melakukan kegiatan ini juga menjadi lebih ringan sebab ada tujuan yang mulia yang ingin dicapai.
  • Selanjutnya Anda juga harus konsisten dalam menabung, cara ini bisa membuat anda disiplin dalam keuangan. Bahkan tidak hanya bisa diaplikasikan untuk menabung dalam tabungan haji tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.
  • Untuk dapat meningkatkan setoran tabungan maka Anda bisa memperoleh pendapatan tambahan diluar pendapatan utama atau pekerjaan utama. Kini ada banyak pilihan pekerjaan lepas yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh.
  • Anda bisa mengatur lagi pengeluaran bulanan dan mengurangi pos-pos pengeluaran yang tidak terlalu penting. Pos-pos pengeluaran yang kurang penting tersebut bisa Anda alihkan untuk menabung.

 

Mengenal Tabungan iB  Haji KB Bukopin Syariah

Salah satu pembiayaan haji yang dilakukan oleh bank syariah adalah Tabungan iB Haji KB Bukopin Syariah. Dimana tabungan ini merupakan simpanan untuk perorangan, yang dibuat dalam bentuk mata uang rupiah dengan tujuan untuk berangkat ibadah haji. Adapun akad yang digunakan dalam jenis tabungan haji ini adalah wadiah yad dhamanah. Di mana mustawda atau bank bisa memanfaatkan dana dan menyalurkan dana yang disimpan serta dapat menjamin bahwa dana tersebut bisa ditarik setiap saat oleh nasabah.

 

Tidak perlu khawatir masalah keamanan dari jenis tabungan ini, karena keamanan dana anda sudah terjamin dan setoran awal serta setoran berikutnya terbilang cukup ringan. Anda juga bisa dijamin untuk mendapatkan nomor porsi keberangkatan haji. Sementara untuk fasilitas yang didapatkan dengan memilih Tabungan iB Haji dari KB Bukopin Syariah ini adalah berupa buku tabungan sebagai bukti tabungan. Dan juga Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan dan bebas biaya penutupan rekening.

 

Dana setoran awalnya sendiri minimal Rp.500.000 sedangkan untuk setoran berikutnya minimal Rp.100.000. Ketentuan tabungan haji jenis ini yaitu anda tidak bisa menarik dana tersebut kecuali rekening nasabah ditutup.

 

Jadi kini Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan pembiayaan haji syariah lewat Tabungan iB Haji KB Bukopin Syariah. Bank Bukopin Syariah tidak hanya menyediakan pilihan tabungan haji saja, tapi juga berbagai pilihan lainnya seperti misalnya pembiayaan modal kerja syariah. Jenis pembiayaan ini merupakan Musyarakah di mana  maknanya sendiri merupakan kerjasama dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu. Masing-masing pihak akan memberikan kontribusi dana dan atau karya/keahlian dengan kesepakatan keuntungan dan resiko adalah tanggung jawab bersama. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi website resmi kbbukopinsyariah.com.