Perawatan Vacuum Pump dengan Penjadwalan Berkala

Memiliki alat elektronik memang seperti memiliki keluarga baru. Sebab, kita harus ekstra dalam perawatannya. Jika tidak begitu, alat elektronik yang kita miliki akan gampang sekali rusak.

Seperti halnya pada alat elektronik yang satu ini, yaitu vacuum pump. Jika dalam pemakaian dan perawatan tidak dilakukan dengan baik, maka yang akan terjadi tidak lain adalah kita harus sering-sering datang ke tempat service kompresor untuk memperbaiki vacuum pump kita.

Maka dari itu, sebelum hal tersebut terjadi, alangkah baiknya jika kita mengetahui bagaimana sih perawatan vacuum pump supaya lebih awet? Adakah penjadwalan khusus dalam perawatannya?

Berikut telah dirangkum beberapa tips perawatan vacuum pump yang dapat meminimalisir anda bolak-balik datang ke tempat service kompresor atau bengkel bubut langganan anda.

1. Perawatan secara preventive

Perawatan secara previntive atau preventive maintenance adalah jenis perawatan yang dilakukan secara rutin maupun periodik.

Perawatan rutin artinya perawatan yang dilakukan setiap hari dengan melakukan pengecekan pada beberapa komponen seperti di bawah ini, yaitu:

  • Pengecekan pada bearing
  • Pengecekan pada vibrasi pompa
  • Pengecekan pada Heat Excenger pastikan apakah terjadi kebocoran atau tidak
  • Pengecekan baut apakah terjadi kelonggaran atau tidak
  • Membersihkan debu dan kotoran

Pengeccekan rutin di atas, kebanyakan dilakukan sebelum pemakaian dari vacuum pump itu sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kerusakan atau kesalahan dalam penggunaan yang akan berakibat kerusakan.

Sedangkan perawatan berkala dapat dilakukan dengan dua tahap yaitu dalam jangka waktu 6 bulan sekali dan 1 tahun sekali.

Pada 6 bulan sekali dapat dilakukan perawatan pada:

  • Lubang orifice plug untuk dilakukan pemberisah dari debu dan kotoran
  • Pelumasan bearing
  • Serta pelumasan kopling dengan oli yang sudah ditentukan sebelumnya

Sedangkan pada perawatan 1 tahun sekali adalah:

  • Pelumasan bearing
  • Pergantian stuffing box

2. Perawatan secara corrective

Perawatan ini bisa dibilang perawatan dadakan, kerana waktunya yang tidak terjadwal. Karena terjadinya gangguan atau kerusakan mendadak pada vacum pump yang mengharuskan kita untuk segera memperbaikinya.

Hal ini bisa saja terjadi pada vacuum pump anda dikarenakan kelalaian dari pengguna ataupun kerusakan mendadak dari vacuum itu sendiri. Karena kerusakan yang bersifat mendadak, biasanya hal ini jarang disadari bahkan diabaikan oleh beberapa pengguna.

Maka dari itu, waspadai hal-hal berikut yang merupakan ciri-ciri kerusakan mendadak pada vacuum pump.

  • Adanya suara keras atau suara abnormal yang mucul ketika pemakaian vacuum pump
  • Kinerja dari vacuum pump menurun seperti keadaan vacuum yang tidak dapat mencapai tekanan yang telah ditentukan.
  • Keadaan vacuum pump yang panas dengan cepat tidak sebagaimana mestinya

Ketiga hal di atas sangat perlu untuk anda cermati. Jika sudah terjadi tanda-tandanya, maka jangan sesekali untuk diabaikan. Karena akan berakibat kerusakan yang lebih fatal nantinya, bahkan dapat terjadi kerusakan permanen.

Perlu diketahui bahwa perawatan berkala pada vacuum pump memang sangat perlu untuk dilakukan. Seperti halnya dua jenis perawatan di atas, jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka datang saja ke tempat service vacuum atau bengkel bubut seperti bengkel sejati yang melayani berbagai permasalahan pada vacuum pump anda.

Hal tersebut memang harus dilakukan demi menjaga kinerja dan performa mesin dari vacuum pump itu sendiri. Dengan mendatangi bengkel terpercaya seperti bengkel sejati, anda dapat menerima pelayanan sesuai dengan SOP perusahaan. Jadi tidak ada ada ruginya jika anda mendatanginya jika setiap saat diperlukan penanganan khusus bagi vacuum pump anda.