Mengenal Lebih Jauh neuCentrIX Data Center Garapan Telkom

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memperkenalkan layanan data center Indonesia yang dikelolanya, yakni neuCentrIX di acara Indonesia Convention Cloud & Data Center. Dikutip dari halaman Kompas.com, Direktur Wholesale and International Services Telkom Edwin Aristiawan pada acara Indonesia Convention Cloud & Data Center 2019 yang digelar di hotel Shangri-La tanggal 5 September 2019 menjelaskan tentang neuCentrIX. NeuCentrIX adalah data center yang terkoneksi dengan network Telkom maupun operator lain, baik domestik maupun global. Dengan begitu, content provider domestik yang menggunakan layanan neuCentrIX di kota terdekatnya dapat merasakan manfaat akses global.

Edwin Aristiawan juga menjelaskan, neuCentrIX merupakan carrier-neutral data center yang terkoneksi ke berbagai service dan network provider dari seluruh dunia. Tidak hanya itu, profesional IT dalam memperoleh pengetahuan terbaru mengenai teknologi cloud dan data center, namun juga menambah wawasan mengenai perkembangan cloud dan data center di Indonesia.

neuCentrIX penuhi standar internasional

Perlu diketahui, saat ini neuCentrIX terdapat di 18 lokasi, di 14 kota di dalam negeri, 3 lokasi di Singapura dan 1 lokasi di Hong Kong. NeuCentrIX juga sedang menyiapkan Hyperscale Data Center dengan sertifikat Tier 4.

Dibangunnya neuCentrIX ini untuk menanggapi kebutuhan pasar Indonesia terkini. Pada saat ini, sebagian besar pemakai data center Indonesia adalah instansi pemerintah dan swasta khususnya perusahaan besar seperti perbankan, asuransi dan sebagainya. Startup aplikasi digital dan sejumlah layanan transportasi berbasis online juga banyak menggunakan data center dengan tujuan untuk mendapatkan akses data yang lebih cepat dalam melayani konsumen.

neuCentrIX dibangun dengan fasilitas kelas dunia yang memenuhi standar internasional, untuk mengakomodasi peluang pasar konten provider di regional yang terhubung ratusan juta masyarakat Indonesia. Ratusan orang tersebut terhubung melalui keberadaan 65 point of presences di seluruh penjuru dunia yang dikelola anak perusahaan Telkom, yakni Telin.

neuCentrIX sendiri merupakan bagian dari inisiatif Telkom Group untuk menjadikan Indonesia sebagai Global Digital Hub. Hal ini diwujudkan dengan menyelesaikan proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Indonesia Global Gateway (IGG) yang menyambungkan sistem kabel dari dua benua, yakni Eropa dan Amerika. Salah satu implementasi strategis dari Global Digital Hub diwujudkan dengan tersedianya data center guna mendukung dan mempercepat pembangunan ekosistem digital di Indonesia.

Selain itu, neuCentrIX juga menyediakan layanan Internet Exchange, adalah sebuah infrastruktur fisik di mana operator, ISP, jaringan pengiriman konten, web perusahaan, perusahaan hosting, dan penyedia cloud terhubung secara lokal. Internet Exchange memungkinkan anggota yang berpartisipasi untuk melakukan hub internet secara langsung dan bertukar lintas Internet melalui peering dengan langsung mengandalkan jaringan pihak ketiga untuk membawa lalu lintas internet untuk mereka.

Meskipun memiliki berbagai ukuran dan kompleksitas, Internet Exchange pada dasarnya berisi router, server, dan satu atau beberapa kontak jaringan yang menyediakan lalu lintas antar jaringan anggotanya. Untuk memenuhi tujuan, Internet Exchange harus ditempatkan di lokasi yang netral dan biasanya tersebar di berbagai negara agar jaringan lokal dapat bertukar lintas secara efisien.