Jangan Sampai Terlambat, Kenali Beberapa Gejala AC Bocor Ini Sesegera Mungkin!

Semakin ke sini semakin banyak masyarakat Indonesia yang menganggap air conditioner sebagai salah satu perabotan yang wajib dimiliki di rumah. Namun sayangnya, terkadang beberapa orang tidak menyadari bahwa telah terjadi kerusakan pada AC karena kurangnya pengetahuan mengenai apa saja gejalanya. Padahal gejala AC bocor harus diketahui sehingga bisa meminimalisir kerusakan.

Sebenarnya sudah ada berbagai gejala atau tanda yang menunjukkan bahwa perabotan AC yang dipakai selama ini ternyata bocor dan mengalami kerusakan. Bahkan beberapa tanda tersebut tidak hanya ditunjukkan melalui satu aspek saja namun cukup bervariasi sehingga bisa diberikan perhatian yang lebih. Untuk mengetahui informasinya dengan lebih lengkap, simak uraian berikut ini:

1. Tidak Terasa Dingin

Hal yang pertama yang perlu mendapatkan perhatian dari setiap orang yang menggunakan AC secara rutin adalah suhu yang dikeluarkan AC. Apabila jika para pengguna menemukan bahwa AC yang biasanya dipakai tidak menghasilkan udara yang dingin, maka AC tersebut berarti bocor. Silakan segera hubungi teknisi terdekat atau mengecek secara mandiri dahulu.

2. Suara yang Mendesis

Kemudian ada juga aspek lainnya yang bisa diketahui sejak awal jika menemukan kondisi AC yang ternyata mengeluarkan suara yang mendesis. Sebaiknya coba dengarkan dengan lebih seksama apakah suara mendesis yang dikeluarkan tersebut hanya beberapa kali karena gesekan mesin di dalamnya. Namun jika terlalu sering, maka sebaiknya segera periksa bagian dalamnya.

3. Eksterior Tidak Panas

Tidak dapat dielakkan bahwa salah satu tanda  AC bocor itu terletak pada kondisi eksterior atau bagian luar AC yang berbeda. Pada umumnya, AC yang sering digunakan bahkan termasuk setiap hari ini akan membuat bagian luarnya menjadi panas karena pergerakan mesinnya. Eksterior AC yang tidak panas bisa menunjukkan kerusakan yang terjadi.

4. Lampu yang Berkedip

Mirip dengan beberapa perabotan elektronik yang lainnya, jenis perabotan AC ini juga dilengkapi dengan lampu indikator khusus yang mendeskripsikan kondisinya. Ketika lampu indikator tersebut ternyata tidak menyala secara permanen seperti biasanya, kemungkinan besar ada kerusakan yang terjadi pada AC masing-masing. Ditambah lagi, jika ternyata lampu tersebut berkedip sampai berulang kali.

5. Biaya Listrik Meningkat

Hal yang bisa menjadi tanda bahwa telah terjadi kerusakan yang mengkhawatirkan seperti  AC bocor terletak pada total pembayaran biaya listrik. Apalagi jenis perabotan seperti AC ini memang tidak hanya memerlukan aliran listrik yang besar namun berdampak pada biaya listrik bulanan. Jika ternyata jumlahnya sangat membengkak, maka mungkin AC memang rusak.

6. Ada Gejala Keracunan

Sementara itu, ada juga gejala yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan untuk diperhatikan yang berkaitan juga dengan kesehatan para penggunanya. Hal ini dikarenakan secara sederhana perabotan AC yang ternyata sedang mengalami kebocoran bisa memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan masing-masing. Ketika para pengguna merasa keracunan udara, bisa karena rusaknya AC.

7. Air Menetes Berlebihan

Beberapa jenis AC yang digunakan dengan terlalu sering memang bisa menunjukkan tanda seperti air yang menetes beberapa kali ke bawah. Namun jika ternyata jumlah air yang menetes tersebut bisa dikatakan terlalu banyak, maka sebaiknya jangan diremehkan begitu saja oleh pengguna.

Untuk jenis perabotan seperti AC yang mengalami kebocoran, air yang seharusnya bisa dikendalikan malah turun ke tempat yang tidak tepat. Bahkan jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka perabotan AC kesayangan nantinya tidak bisa digunakan lagi.

Mengetahui apa saja gejala yang menunjukkan permasalahan yang genting seperti  AC bocor bisa membantu setiap pemiliknya meminimalisir kerusakan yang terjadi. Apalagi ternyata saat ini sudah banyak gejala atau tanda dari permasalahan tersebut yang dapat diketahui dan dipahami sejak awal. Selain itu, gejala kerusakan tersebut juga meliputi aspek yang bervariasi.