Berikut 5 Cara Mencegah Masuk Angin yang Bisa Anda Terapkan

Masuk angin merupakan salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia. Walaupun di negara Barat dan dalam dunia medis sendiri penyakit masuk angin tidak dikenal. Tetapi tetap mempunyai gejala yang dapat membuat penderitanya merasa tidak enak badan. Masuk angin sendiri merupakan kondisi dari berbagai gejala penyakit yang dirasakan. Seperti flu, perut kembung, mual, muntah, pusing, hingga juga demam. Penyakit ini disebabkan oleh banyak hal seperti kedinginan, kurang tidur, dan juga mempunyai pola makan yang tidak bagus. Masuk angin sendiri bisa dihilangkan dengan cara yang mudah dan tidak perlu ke rumah sakit. Seperti beberapa cara mencegah masuk angin yang bisa dilakukan adalah:

1. Minum air putih yang cukup

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Tubuh membutuhkan asupan air putih yang cukup setiap harinya. Sehingga Anda penting untuk mencukupinya, karena air putih dapat untuk membantu mengontrol suhu tubuh. Hal tersebut juga akan membantu untuk demam yang merupakan gejala masuk angin bisa teratasi dengan baik. Selain air putih, Anda juga bisa mengkonsumsi minuman hangat seperti teh manis hangat atau air jahe. Untuk membuat masuk angin cepat hilang juga bisa menghindari minuman yang membuat tambah tidak enak seperti soda dan minuman dengan kandungan kafein.

2. Istirahat yang cukup

Apabila Anda sering tidur telat dan tidak cukup istirahat, maka hal tersebut juga akan membuat badan lelah. Sehingga hal tersebut lebih mudah untuk mengalami masuk angin. Apabila kurang istirahat akan menjadikan tubuh lebih mudah lesu, lemah, dan juga mengalami pusing. Hal ini juga akan menjadikan stamina hilang dan cepat habis, karena tidak bisa untuk recharge energi dengan cukup ketika beristirahat. Oleh karena itulah, untuk menghindari dan juga mengobati masuk angin adalah dengan tidur yang cukup. Sehingga akan menjadikan tubuh lebih segar dan bertenaga.

3. Menggunakan pakaian yang hangat

Masuk angin juga bisa dikarenakan cuaca yang dingin. Hal tersebut akan membuat perut lebih mudah kembung dan juga mengalami kedinginan. Oleh karena itulah cara untuk mengatasinya adalah dengan memperhatikan pakaian yang digunakan. Apabila di cuaca yang dingin, maka Anda bisa menggunakan pakaian yang hangat. Seperti dengan menggunakan jaket ketika bepergian dan juga menggunakan celana panjang. Pilihlah pakaian yang dapat membuat tubuh merasa hangat dan tidak kedinginan. Sehingga hal tersebut juga akan mencegah masuk angin karena cuaca dingin.

4. Rutin berolahraga

Tips selanjutnya adalah dengan meningkatkan imun dan kebugaran tubuh dengan olahraga. Agar badan tidak mudah sakit maka bisa untuk rajin berolahraga. Dengan berolahraga juga akan membuat Anda mempunyai pola tidur yang lebih baik. Hal tersebut akan bisa membuat tubuh segar karena dapat beristirahat dengan cukup seperti yang dibutuhkan. Oleh karena itulah usahakan untuk selalu berolahraga setiap harinya. Anda bisa berolahraga selama 30 menit setiap hari agar memperbaiki pola tidur, menghindari stress, dan juga banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan.

5. Mengkonsumsi makanan bergizi

Tips terakhir sebagai cara mencegah masuk angin adalah dapat mengkonsumsi makanan bergizi. Penting untuk menghindari makanan yang bisa menambah perut merasa lebih kembung. Seperti makanan instan, goreng-gorengan, dan juga makanan lainnya. Selain itu juga jangan telat makan untuk menjaga kesehatan. Terakhir bisa mengatasi masuk angin menggunakan produk herbal dengan bahan yang bisa mengatasi masuk angin seperti jahe yang disediakan oleh Herbana.