Berbagai Jenis Beton dan Kegunaannya!

Dalam sebuah kontruksi, beton merupakan salah satu bahan yang wajib ada, terutama pada kontruksi bangunan besar, jalan raya, jembatan dan lain sebagainya. Beton merupakan bahan bangunan komposit yang terbuat dari aggregat dan juga semen dan tambahan bahan lain dengan perbandingan tertentu.

Bahan-bahan tambahan beton bisa didasarkan atas penguatan beton, pengeringan beton supaya lebih cepat, dan lain sebagainya. Jenis-jenis beton juga beragam dengan fungsi dan kegunaan masing-masing.

Jenis Beton dan Kegunaanya!

1. Beton Non Pasir

Sama halnya dengan namanya, beton non pasir berarti beton yang tidak menggunakan pasir dalam pembuatannya. Komposisi yang digunakan yaitu semen, kerikil, dan air. Karena tidak meggunaan pasir, maka bentuknyapun tidak begitu padat.

Terdapat rongga-rongga kecil di celah-celah kerikil yang berisi udara. Hal ini mengakibatan total beratnyapun lebih rendah dibandingkan dengan yang lainnya. hal ini diakibatkan tidak adanya pasir yang menambah beban dari setiap betonnya.

Dikarenakan beratnya tidak tidak begitu banyak, maka jenis beton ini hanya digunakan pada pembuatan struktur ringan, dinding sederhana, buis beton, serta bata beton.

2. Beton Ringan

Namanya juga beton ringan, maka bahannyapun terbuat dari bahan yang ringan pula, yaitu agregat yang berbahan ringan. Bahan lain yang digunakan yaitu zat aditif yang difungsikan sebagai penambah gelembung udara pada adonan beton, sehingga volumenyapun juga akan bertambah.

Hal ini tentu menyebabkan beton semakin ringan jika dibandingkan dengan jenis beton lain dengan ukuran yang sama. Dengan beratnya yang ringan, beton jenis ini bisanya dignakan dalam pembangunan dinding non struktural.

3. Beton Hampa

Beton jenis ini merupakan beton yang memiliki kekuatan tinggi. Hal ini dikarenakan air yang digunakan dalam pembuatan, dipastikan hanya air yang sudah tercampur dengan semen saja. Cara menyedot air yang tidak tercampur dengan semen, menggunakan vakum. Sehingga bisa dipastikan air yang tidak digunakan pasti akan tersedot.

Karena bahannya yang kuat, maka penggunaan dari beton ini juga digunakan dalam bangunan-bangunan yang besar, seperti perkantoran dan juga gedung-gedung yang tinggi.

4. Beton Massa

Beton massa memiliki ukuran dan dan bobot yang lebih besar dibandingkan dengan Beton hampa. Karena ukuran dan kekuatannya yang besar, jadi beton ini digunakan dalam pembangunan yang membutuhkan bahan yang kuat pula, seperti bendungan, pondasi berukuran besar, dan juga pilar-pilar bangunan.

5. Beton Serat

Dikatakan sebagai beton bertulang, karena komposisinya ditambah dengan tulang dari baja. Penambahan tulang yang terbuat dari baja, tentu lebih menambah kekuatan dari beton jenis ini. Beton jenis ini biasanya digunakan untuk pembuatan jalan raya, pelat lantai, jembatan dan juga kontruksi lainnya ang memiliki struktur dengan bentangan yang luas.

6. Beton Siklop

Beton jenis ini juga tidak kalah kuatnya. Bahan yang digunakan ditambahkan dengan agregat berukuran besar sekitar 15 – 20 cm. Penambahan agregar yang berukuran besar tersebut, ditujukan supaya beton memiliki ketahanan terhadap air. Oleh sabab itu, beton ini cocok digunakan dalam sebuat bangunan yang bersinggungan langsung dengan air, seperti bendungan dan jembatan.

7. Beton Instan

Beton jenis ini terbuat dari beberapa campuran bahan-bahan yang berkualitas, seperti pasir silika, aditif, agregat, semen dan juga air sebagai bahan pencampurnya. Penggunaan beton instan saat ini lebih banyak digunakan karena lebih praktis. Jika anda tertarik, bisa mendapatkannya di tempat jual beton instan di daerah anda.