3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengontrak Rumah

Bagi sebagian orang yang belum mampu membangun rumahnya sendiri, mengontrak rumah adalah sebuah alternatif pilihan. Dengan mengontrak sebuah rumah, penghuni akan tetap bisa merasakan seolah-olah tinggal di hunian miliki sendiri.

Pekerjaan juga menjadi salah satu alasan seseorang mengontrak sebuah rumah. Para pekerja yang berasal dari luar kota biasanya membutuhkan sebuah hunian yang nyaman dan tidak jauh dari tempatnya bekerja. Bagi pekerja yang sudah berkeluarga dan ingin tetap tinggal bersama keluarganya, rumah kontrakan juga menjadi solusi.

Beda halnya dengan kost, privasi penghuni akan lebih terjaga dengan mengontrak sebuah rumah. Penghuni dapat melakukan segala aktivitas di dalam rumah kontrakan tanpa takut privasi nya terganggu. Penghuni rumah kontrakan juga dapat menikmati segala fasilitas rumah dan properti di dalamnya tanpa perlu berbagi dengan penghuni lain.

Dalam memilih sebuah rumah kontrakan, Anda tidak boleh sembarangan. Banyak sekali hal yang harus Anda pertimbangkan Mengingat rumah kontrakan nantinya adalah tempat Anda tinggal dalam waktu yang cukup lama.

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah rumah kontrakan adalah kenyamanan dan juga keamanan. Rumah kontrakan yang nyaman akan membuat penghuninya betah berlama-lama untuk tinggal. Keamanan juga penting karena lingkungan rumah yang aman akan membuat penghuninya tenang. Penghuni tidak akan merasa khawatir saat pergi jauh dari rumah dalam waktu yang lama.

Selain kenyamanan dan juga keamanan, hal-hal berikut juga sangat penting untuk Anda pertimbangkan sebelum Anda mengontrak sebuah rumah. Untuk lebih detail nya, berikut ini beberapa penjelasannya.

1.  Lokasi Rumah Kontrakan

Selanjutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum mengontrak sebuah rumah adalah lokasi tempat rumah kontrakan berada. Lokasi yang dipilih harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Dan tentu saja, Anda harus menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki mobilitas tinggi, sebaiknya memilih lokasi di pusat kota. Pusat kota dipilih karena dianggap sebagai pusat perekonomian. Banyak gedung perkantoran swasta maupun pemerintah yang dibangun di pusat kota. Tidak heran jika kesempatan bekerja di pusat kota lebih luas daripada di pinggiran kota maupun desa.

Dengan tinggal di pusat kota, Anda juga akan dekat dengan tempat-tempat umum seperti mall, supermarket, rumah makan, pasar, dan lain sebagainya. Pilihan transportasi umum yang ditawarkan di pusat kota juga sangat beragam. Mulai dari bis, taksi, maupun ojek yang juga bisa secara mudah dipesan secara online.

Jakarta Selatan sebagai salah satu lokasi pusat kota juga menawarkan segala kemudahan di setiap sudutnya. Bagi Anda yang ingin mengontrak di daerah tersebut, Anda dapat mencari banyak kontrakan murah di daerah Jakarta Selatan. Mencari kontrakan murah Jakarta Selatan tidaklah sulit. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan internet untuk mencari informasi mengenai rumah kontrakan di daerah tersebut.

Bagi Anda yang mobilitas hidupnya tidak tinggi dan ingin hidup tenang, Anda dapat memilih lokasi rumah kontrakan di daerah pinggir kota maupun desa. Lokasi yang jauh dari tempat-tempat industri dan pabrik membuat lingkungannya menjadi lebih asri. Anda juga akan terbebas dari polusi dengan memilih mengontrak di lokasi tersebut.

Mengontrak rumah di daerah pinggir kota maupun desa sangat cocok bagi Anda yang ingin hidup dengan tenang. Lokasi yang tidak terlalu ramai membuat Anda mudah mendapatkan ide dan inspirasi baru.

2.  Harga Rumah Kontrakan

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan mengontrak rumah adalah harga rumah tersebut. Anda harus mempertimbangkannya dengan matang-matang karena ini berkaitan dengan dana yang Anda miliki.

Anda juga harus memperhitungkan besaran pemasukan dan pengeluaran Anda. Lingkungan dan lokasi tempat tinggal berpengaruh terhadap besaran biaya hidup yang harus Anda keluarkan setiap harinya. Biaya hidup yang harus Anda keluarkan akan lebih tinggi jika Anda tinggal di pusat kota.

Lokasi pusat kota yang menawarkan segala kemudahan membuat harga tanah maupun rumah tergolong cukup tinggi. Tidak heran jika Anda harus menyiapkan dana yang tidak sedikit untuk bisa mengontrak rumah di pusat kota.

Jika Anda sudah menghitung besaran pemasukan dan pengeluaran, Anda bisa segera memilih rumah kontrakan yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jangan terlalu memaksakan keinginan jika Anda tidak mampu. Karena kebutuhan lebih penting daripada keinginan. Jangan sampai Anda kebingungan di kemudian hari tentang masalah biaya jika Anda lebih mendahulukan keinginan daripada kebutuhan.

3.  Kondisi Rumah Kontrakan dan Lingkungan Sekitar

Sebelum Anda memutuskan untuk mengontrak sebuah rumah, pastikan Anda sudah melakukan survei. Kunjungi rumah dan teliti secara keseluruhan. Pastikan fasilitas yang ada di rumah kontrakan seperti listrik dan air dapat berfungsi dengan lancar. Anda juga harus memastikan jumlah kamar sudah cukup dengan jumlah anggota keluarga yang akan Anda ajak untuk tinggal di rumah kontrakan.

Teliti juga setiap sudut dari isi rumah yang mengalami kerusakan. Jangan tergiur dengan harga rendah, bisa jadi rumah yang akan Anda kontrak banyak mengalami kerusakan di setiap sudutnya. Sehingga nantinya, Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk perbaikan.

Tidak hanya melakukan survei kondisi rumah, survei lingkungan sekitar rumah kontrakan juga sangat diperlukan. Pastikan rumah yang akan Anda kontrak bebas dari banjir maupun bencana alam lainnya serta aman dari tindakan kriminal. Pastikan juga dekat dengan fasilitas umum agar memudahkan Anda melakukan aktivitas.

Demikian sedikit penjelasan tentang 3 hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih rumah kontrakan. Semoga Anda bisa segera menemukan rumah kontrakan yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan.